Asperger Syndrome



Punya kenalan yang selalu berbicara formal dan pintar luar biasa? Jangan-jangan menderita Asperger Syndrome, nih. Apa sih itu?
 
            Asperger Syndrome adalah salah satu gejala autisme di mana para penderitanya memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungannya, sehingga kurang begitu diterima. Meskipun sindrom ini merupakan gejala autisme, namun penderitanya memiliki IQ yang relatif tinggi, sehingga bisa hidup mandiri tidak seperti autisme lainnya.
            Penderita mengalami kesulitan dalam komunikasi non-verbal, sarkasme, penggunaan bahasa slang, serta memahami kata-kata yang memiliki banyak arti. Mereka juga tergolong sulit untuk bersosialisasi dan kerap menjadi korban bullying. Mereka juga cenderung menderita grogi atau nervous.
            Para penderita sindrom Asperger memiliki kecenderungan lebih baik dibandingkan orang-orang lain dalam beberapa hal seperti tulisan dan literatur, pengetahuan umum, ilmu alam serta pemrograman komputer. Mereka juga memiliki sebuah minat yang khusus yang mereka tekuni dan bahkan mereka menekuninya sangat detail, serta mereka justru menemukan hal-hal kecil yang orang lain sering dilewatkan atau diremehkan.
            Sindrom ini ditemukan oleh Hans Asperger, seorang dokter anak asal Austria di tahun 1944, meskipun baru diteliti dan diakui secara luas pada dekade 1980an. Para dokter melihat sindrom Asperger sebagai sebuah bentuk autisme. Seringnya, disebut sebagai "autisme yang memiliki banyak fungsi/high-functioning autism".
            Hans Asperger menguraikan penyebabnya dengan adanya gejala-gejala umum di antara keluarga pasien, terutama ayahnya, dan riset mendukung obsevasi dan kemungkinan besar adanya kontribusi genetik pada Sindrom Asperger(SA).  Sedikit dari kasus SA dihubungkan dengan terpaparnya janin hingga berusia 8 minggu oleh teratogens (zat yang menyebabkan kecacatan lahir). Meskipun hal ini tidak boleh mengenyampingkan bahwa SA dapat terjadi sesudahnya, tetapi bukti yang kuat menunjukkan bahwa SA terjadi pada saat yang sangat dini pada pertumbuhan janin.
           
Cr. Wikipedia dengan beberapa perubahan.