Apa Itu Deep Web?

Sebelum mulai bahas deep web, aku mau minta maaf ya karena ga ngepost apa apa selama dua bulan. Sibuk beneraaann huhu. Dan lagi aku bingung mau ngepost apa. Mungkin nanti aku bakal review lagu kpop terbaik selama 2016.


Oke, sebenarnya bahas Deep Web itu basi sih, tapi bagi aku tetap aja seru buat dibahas.

Deep Web itu bagian dari internet yang gak bisa dicari menggunakan mesin pencari biasa. Karena konten di Deep Web itu ilegal semuanya, mulai dari penjualan organ tubuh, pembunuh bayaran, data rahasia, pokoknya macem-macem. Pokoknya kalau liat postingan tentang Deep Web pengen istighfar aja rasanya... :')

Nah, katanya sih, internet itu dibagi atas lima level.

Level 0 adalah Common Web. Google, Facebook, Twitter dan semua web yang kamu tahu.

Level 1: Surface Web. Situs yang agak "berbahaya" tapi masih bisa diakses dengan normal (memasukkan url di address bar). Misal: Reddit, Digg, Amazon Turk dan lainnya.

Level 2: Bergie Web. Situs kayak 4chan, Freehive, 1eden. Di situs-situs ini kamu bisa menemukan hal-hal yang bersinggungan dengan Deep Web, semacam gerbang awal Deep Web. Bisa nyari info soal Bitcoin Mining dan komunitasnya (Di Level 0 bisa juga sih, tapi lebih dalem di sini)

Level 3: Deep Web. Bisa diakses dengan Proxy, Tor atau modif hardware. Apa saja yang terburuk bisa kamu pikirkan ada di sini.

Level 4: Charter Web. Mengakses yang ini jauh lebih ribet daripada yang lain. Ada dua bagian di level ini, bagian pertama bisa diakses dengan Tor. Black market, buku dan film yang dilarang dan lain-lain yang sangat berbahaya bisa ditemuin di sini. Bagian kedua, yang memerlukan modifikasi hardware lebih lanjut menyimpan data yang lebih bahaya lagi.

Level 5: Marianas Web. Semacam Limbo di Inception kali ya. Masih mitos nih keberadaannya.

 Hasil gambar untuk deep web

Nah, kalau kamu ngetik Deep Web di google image, kebanyakan yang muncul adalah gambar laut atau bongkahan es. Karena memang perumpamaannya gitu. Internet yang bisa kita akses cuma sekitar 4% or less, sisanya itu Deep Web. Makanya, info tentang Deep Web juga cuma sedikit dan gak mendetail.

Aku niatnya pengen masukin gambar, tapi baru liat gambarnya aja langsung pengen banting laptop.

Terlalu sadis.

Kalo aku pribadi, sama sekali gak niat buat akses Deep Web sekalipun penasaran. Lagipula aku sama sekali gak tahan liat gambar-gambar gore (kecuali manga ya). Yah, kalau cuma buat liat-liat doang, mending gausah akses Deep Web deh, serius. Salah-salah, data kamu bisa dicuri, dan kemungkinan terburuknya bisa diincar sama pembunuh yang ada di situ.

Buat yang terlalu berani(lol), kalian bisa akses Deep Web menggunakan browser khusus yang namanya Tor. Jangan minta tutorialnya, karena aku sendiri belum pernah nyoba haha. Pokoknya resiko ditanggung sendiri yaw.

Semoga kalian masih bisa bernafas dengan tenang setelah nyelam ke Deep Web ya :')